Welcome Home

Assalammualaikum Wr Wb Selamat Pagi Bapak / Ibu Semoga Selalu Sehat Wal Afiat, Mendapat Rejeki Dan Umur Yang Berkah Serta Kemudahan Dalam Segala Urusan Aamiin YRA, Selamat Datang Di Toko Pupuk PANEN RAYA Distributor Resmi PT NATURAL NUSANTARA Dalam Distribusi Pupuk Organik, Pestisida Organik Dan Vitamin Untuk Ternak, Ikan Dan Udang. Untuk Mendapatkan Diskon 15% Dan Ongkos Kirim Gratis Hubungi Sekarang Juga 0852 6219 1982 (TSel) 0815 7587 2989 (ISat) 0877 1062 5262 (XL) BB 5C951317 WA 0878 3868 0483, Ditunggu Kabar Baiknya Wassalam

Rabu, Februari 10, 2016

SESI TANYA JAWAB HAMA DAN PENGENDALIANNYA BAG 1

Baik di sesi ini saya akan memaparkan tanya jawab yang tidak kalah pentingnya yakni Hama dan Pengendaliannya. Sesi ini begitu pentingnya karena gangguan hama akan mengakibatkan panen yang di idamkan para petani akhirnya pupus ataupun berhasil panen tapi di optimal.



Untuk info pertanian, silahkan klik Sesi Tanya Jawab DUNIA PERTANIAN.

Baiklah mari kita mulai sesi tanya jawabnya :

T : Tanaman cabai yang terkena penyakit patek buah dan bercak daun minta rekomendasinya.

J : Patek dan daun bercak karena kondisi iklim yang mendukung perkembangan jamur. Untuk antisipasinya dengan GLIO di tanah dan kocor bersama 1 sdm dolomit /pokok, kurangi bahan kimia.

T : Saya ada keluhan dari petani cabe yang menggunakan pupuk mikroba dan pestisida kimia. Tanaman cabenya sudah mulai berbuah tapi banyak sekali hama yang tidak bisa dikendalikan sehingga daunnya kuning dan kecil2. Apakah dengan pestisida dari NASA masih bisa mengatasinya, sedangkan produk kimia tidak mempan? Terus pupuk yang dipakai apa saja?

J : Produk kimia belum tentu tepat dan bisa mengatasi hama jika produk yang dipilih bukan spesifik untuk hama. Produk NASA yang bisa untuk mengatasi permasalahan cabe yang bapak utarakan adalah PENTANA dengan dosis 6-7 tutup per tangki dengan ulangan 3 hari sekali hingga kutu tersebut hilang. Sesekali bisa bapak semprot dengan PESTONA 7-8 tutup agar menghilangkan bekas dari kutu2 tersebut.

T : Cabe merah daunnya keriting cara mengatasinya bagaimana?

J : Kriting cabai merah bisa karena cuaca ekstrim dan juga karena kutu-kutuan yang menghisap cairan daun-daun pada pucuk (yang berpotensi membawa virus). Semprotkan PENTANA 4-5 tutup/tangki , 2x seminggu , + sepertiga tutup AERO / tangki.

T : Untuk jamur upas pada karet yang sudah tanam ? 2 tahun sebaiknya menggunakan apa? Dan bagaimana aplikasinya, berapa hari sekali dan dosisnya? Dan Bagaimana dengan penggunaan NATURAL GLIO efektif atau tidak?

J : 3 hr / 1 minggu sekali, Jika melihat cara kerja dan hidupnya GLIO hanya bisa di dalam tanah, dan akan mati jika terkena ultraviolet, sehingga tidak tepat jika disemprot ke daun karet bapak.

T : BVR dan GLIO apa bisa dicampur untuk penyemprotan tanaman coklat dan apa bisa mengendalikan hama PBK?

J : BVR dan GLIO bisa untuk mengendalikan PBK pada coklat, namun harus melakukan 4 langkah PsPSP (Panen sering, Pemangkasan, Sanitasi , Pemupukan dan pengendalian hama dengan BVR, untuk GLIO bisa dikocorkan di piringan.

T : Untuk mencegah hama ulat pada albasia (sengon laut) pakai apa? Dosis dan cara aplikasinya?

J : Pencegahan bisa menggunakan BVR 1-2 sdm/tangki yang disemprotkan dibatang atau seluruh tanaman yang tumbuh di lahan sengon bapak, dan untuk tanaman yang telah kena bisa disemprot klangsung ke bagian lobang atau tempat ulat tersebut dengan PESTONA dengan takaran 7-8 tutup per tangki per minggu

T : Apa glio bisa untuk disemprotkan?

J : Bisa meskipun lebih efektif jika dicampur dg pukan, atau dikocorkan ke tanah.

T : Pisang disemprot dengan SUPERNASA kok mati?

J : Pisang tersebut bisa karena terkena serangan 1) Penyakit Darah pd Pisang, atau 2) Virus. Keduanya belum ada obatnya, dan tidak mendadak gejalanya, saat ini banyak daerah terkena penyakit ini. Kadang terbawa dari bibit atau air, bukan karena SUPERNASAnya. Antisipasidengan dolomit agar pH netral, dan GLIO. Untuk pengobatan belum ada, sebaiknya dimusnahkan saja yang sdh kena.

T : Untuk penyakit layu PS dan Layu bakteri pada tomat penyemprotan NATURAL GLIO berapa Gram/ ltr?

J : Kocorkan GLIO dengan dosis lebih tinggi dengan ulangan lebih sering. 2 sdm per 10 liter, kocor 2 gelas melingkar di tanaman cabe/terong/tomat 1-2 minggu sekali.

T : Cara mengantisipasi padi yang kena hama merah, padinya kayak terbakar itu ?

J : Padi bpk kena jamur. Sebaiknya dengan mengatur jarak tanam lbh lebar, dan antisipasi dengan pengocoran GLIO. Jika sudah terjadi serangan berat silahkan pakai fungisida kimia.

T : Saya punya kebun pepaya batangnya busuk di tengah, sebabnya apa ? saya harus pake produk NASA apa ?

J : Batang pepaya busuk disebakan oleh jamur Fusarium. Dimana kalau sudah kena sulit dikendalikan. Potong dan musnahkan batang busuk, atur drainase, kelembababan kebun dijaga dan sebarkan NATURAL GLIO yang telah dicampur pukan matang atau kompos di sekitar pohon tiap 2-4 minggu sekali.

T : Untuk pengembangan GLIO, apa bisa menggunakan tanah halus, seandainya tidak ada PUKAN

J : Perbanyakan GLIO yang ideal adalah dengan pupuk kandang matang atau kompos atau serbuk gergaji serta jika disemprotkan bisa dicampur gula pasir sebagai media tumbuhnya.

T : Kalo hama untuk strowberi titing, berem apa obatnya pak ?

J : Berem termasuk jenis kutu-kutuan sehingga bisa dipakai PENTANA dan METILAT LEM.

T : PENTANA boleh nggak dicampur dengan POC NASA?

J : Boleh

T : Untuk pengendalian ulat yang nyerang pisang pakai apa dan caranya gimana ?

J : Biasanya ulat yang menyerang daun pisang adalah penggulung daun pisang (Erionatrax sp.) dan ini sulit dikendalikan karena ulatnya di dalam daun, sehingga butuh pestisida yang sistemik. Produk NASA yang bisa dipakai PESTONA dan PENTANA, lebih bagus dicampur AERO 810.

T : Untuk penyakit pembibitan albasia putih2 di pucuk trus daun akhirnya pada rontok lalu mati pake apa cara penanggulangannya ?

J : Putih-putih di pucuk kemungkinan besar disebabkan hama kutu putih ( Aleurodestrus sp.) yang akan menghisap daun-daun muda pada pembibitan sehingga daun jadi rontok. Pakai PENTANA yang khusus untuk jenis kutu.

Untuk sesi tanya jawab mengenai hama dan pengendaliannya bagian 2 silahkan klik Sesi Tanya Jawab Hama Dan Pengendalian Bagian 2. Untuk Info Ternak dan Perikanan silahkan klik DUNIA PETERNAKAN dan DUNIA PERIKANAN.

Semoga dari sesi pertanyaan hama dan pengendaliannya bagian 1 Bapak / Ibu mendapat solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi. Jika ada pertanyaan silahkan kirim email ke tokopupukpanenraya@gmail.com Dengan format judul Tanya Dunia Hama InsyaAllah akan dijawab segera mungkin. Terima kasih.

Edwin Bonardo, SE
CEO Toko Pupuk PANEN RAYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dimohon jangan berkomentar yang tidak senonoh. Gunakanlah etika akhlakul karimah dalam melakukan aktivitas spam. terima kasih

PANEN RAYA - DISTTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA