Welcome Home

Assalammualaikum Wr Wb Selamat Pagi Bapak / Ibu Semoga Selalu Sehat Wal Afiat, Mendapat Rejeki Dan Umur Yang Berkah Serta Kemudahan Dalam Segala Urusan Aamiin YRA, Selamat Datang Di Toko Pupuk PANEN RAYA Distributor Resmi PT NATURAL NUSANTARA Dalam Distribusi Pupuk Organik, Pestisida Organik Dan Vitamin Untuk Ternak, Ikan Dan Udang. Untuk Mendapatkan Diskon 15% Dan Ongkos Kirim Gratis Hubungi Sekarang Juga 0852 6219 1982 (TSel) 0815 7587 2989 (ISat) 0877 1062 5262 (XL) BB 5C951317 WA 0878 3868 0483, Ditunggu Kabar Baiknya Wassalam

Rabu, Februari 10, 2016

SESI TANYA JAWAB HAMA DAN PENGENDALIANNYA BAG. 2

Setelah kita membaca sesi tanya jawab hama dan pengendaliannya di bagian 1 silahkan klik Hama Dan Pengendaliannya, Mari kita lanjut lagi pembahasan mengenai hama dan pengendaliannya bagia ke 2, semoga di sesi tanya jawab bagian ke 2 ini terdapat solusi dari masalah yang sedang di hadapi Bapak dan Ibu sekalian.



Untuk info pertanian, silahkan klik DUNIA PERTANIAN untuk sesi tanya jawabnya.

Baiklah mari kita simak sesi tanya jawab kali ini :

T : Mohon info untuk mencegah karat tumor pada bibit sengon. Sekarang mau semai bibit, Salam sukses.

J : Serangan karat puru pada sengon ditandai dengan terjadinya pembengkakan (galls) pada ranting/cabang, pucuk-pucuk ranting, tangkai daun dan helaian daun. Gall ini merupakan tubuh buah dari jamur.
Penyakit karat puru dapat menjadi persoalan yang serius dalam pengelolaan tanaman sengon. Penyebaran penyakit ini sangat cepat. Penyakit ini menyerang sengon mulai dari persemaian sampai lapangan dan pada semua tingkat umur. Kerusakan serius bila serangan terjadi pada tanaman muda (umur 1- 2 tahun), karena titik-titik serangan (gall) bisa terjadi di batang utama sehingga batang utama rusak/cacat, tidak dapat menghasilkan pohon berkualitas batang yang tinggi). Penyebab penyakit karat puru yang menyerang tegakan sengon adalah jamur Uromycladium tepperianum, menyebabkan pembengkakan (gall) yang menyolok pada dedaunan dan ranting pohon. Pencegahan dan Pengendalian :

persemaian, maka semai yang menunjukkan gejala serangan harus segera dicabut dan dimusnahkan (dibakar).
perlu pengawasan yang ketat tentang transportasi benih, bibit, dan kayu tebangan dari daerah yang diketahui telah terserang ke daerah yang belum terserang
Pemeliharaan tanaman yang sudah ada (pemupukan dan penjarangan).
Upayakan menghilangkan gall dan bagian tanaman yang terserang sedini mungkin, sebelum gall membesar dan berwarna coklat. Langkah selanjutnya adalah mematikan sel-sel penyakit karat puru di bagian yang terserang agar tidak tumbuh gall lagi, dengan spiritus, kapur, garam, dan belerang serta semprot NATURAL GLIO
Menghindari penanaman sengon untuk sementara, terutama di dataran tinggi yang berkabut
Lakukan rotasi tanaman dan pemuliaan tanaman sengon.

T : Semangat Pagi Pak, saya punya masalah pada tan kacang tanah pada umur 7 hr ada penyakit kutu di daun itu apa obatnya dan gimana caranya ?

J : Untuk kutu-kutuan produk NASA yang lebih khusus adalah PENTANA dan bisa dipasang perangkap METILAT LEM.

T : Saya punya jeruk umur 4 th, buah kurang, rontok, daun kaku ada bercak hitam, ada yang daunnya kena kupu kecil2 warnanya putih, sy baru gabung ke nasa, produk NASA apa yang perlu diberikan ke jeruk saya ?

J : Melihat gejalanya jeruk bapak kena serangan kutu putih yang menghisap cairan daun dan kotoran dari kutu yang menimbulkan bercak hitam yang disebut penyakit embun jelaga. Untuk mengatasinya bisa dilakukan pemangkasan daun-daun terserang, semprot PESTONA atau PENTANA atau BVR tiap minggu sekali. Lebih bagus PESTONA atau PENTANA ditambah dengan AERO 810, tetapi untuk BVR jangan dicampur AERO 810.

T : Untuk mengendalikan gayas pakai apa bos ?

J : Gayas itu sejenis uret to bos, siram aja pakai PESTONA + AERO, dosis lihat label produk.

T : Pak, semongko kena serangan jamur pake apa sing jos ?

J : Jamur yang paling banyak menyerang semangka adalah bercak atau karat daun. Lakukan penyemprotan rutin tiap minggu sekali dengan NATURAL GLIO sebagai tindakan pencegahan.

T : Untuk mengendalikan hama ulat yg nyerang Albasia, pakai apa pak Ulatnya kecil, sembunyi dlm kantong.

J : Ulat kantong sangat sulit dikendalikan karena hamanya bersembunyi di dalam kantong, pakai aja PESTONA dan PENTANA

T : Mau tanya obat semut ada gak ?

J : Semut sebenarnya bukan hama, biasanya semut bermutualisme dengan hama kutu-kutuan. Jadi pakai aja PENTANA atau PESTONA + AERO.

T : Menanggulangi tan cabe kecil yg daunnya tebal + belok ke atas (mlungker) tidak lurus melebar. Bagaimana menangulanginya?

J : Dilihat gejalanya disebabkan oleh hama jenis kutu thrips dan tungau karena menghisap cairan tunas muda, bisa pakai PENTANA dan METILAT LEM.

T : Begini pak di tempat tsb banyak tan padi terserang hama yang namanya hama merah mulai dr bawah padi itu lama lama merah dan dengan produk hama apa yg harus berikan agar cepat teratasi, makasih sebelumnya

J : Kelihatanya terkena serangan penyakit busuk daun bakteri atau hawar daun bakteri atau kemungkinan kena penyakit tungro yang ditularkan lewat hama wereng hijau. Bisa digunakan GLIO atau PESTONA atau BVR secara selang-seling tiap minggu sekali. Untuk GLIO dan BVR bisa dicampur jadi satu tapi PESTONA jangan dicampur.

T : Saya menanam semangka insek & pest pake PST, NPA, hanya sekali dengan insek sintetis dosis rendah, klo sekarang pake GLIO disemprot (ada bercak daun) apa efektif ?

J : Tidak masalah, asal NATURAL GLIO jangan dicampur dengan pestsida tersebut.

T : Dengan produk apa NASA memberi solusi pada tanaman padi yg terkena sundep dan daunnya menguning trus kering ?

J : Melihat gejalanya disebabkan oleh penggerek batang padi, jika masih fase vegetatif (pertumbuhan) gejalanya disebut sundep, batang padi dicabut mudah dan jika sudah terbentuk malai disebut beluk, malai hampa. Gunakan NATURAL BVR sejak di pembibitan, kemudian semprot tiap minggu sekali setelah tanam dengan PESTONA dan BVR secara selang-seling.

T : Saya ada masalah besar di awal aku merintis jaringan. Data teknis : Kebun Stroberri usia 9 bulan, sudah berbuah lokasi = Kledung, Wonosobo iklim ekstrim panas = siang, jam 4 sore kabut turun, malam = extra dingin. Pokok masalah embun UPAS di pagi hari. Tan yg kena buah rusak, mblonyoh, spt mau busuk dan berair. Apa dikarenakan virus, bakteri, jamur/kadar belerang yang dibawa embun upas itu? Apa yang harus saya lakukan, produk NASA apa yg dipakai ?

J : Melihat gejalanya disebabkan jamur, apalagi didukung cuaca yang mendukung apalagi berkabut sangat cocok sekali bagi perkembangan jamur upas atau Upasia salminicolor. Solusi : setelah hujan rintik-rintik atau ada kabut langsung semprot aja dengan air biasa dan jangan lupa penyemprotan GLIO tiap minggu sekali rutin.

T : Bolehkah GLIO saya campur dengan NPK? suwun.

J : Boleh aja, karena NPK adalah pupuk.

T : GLIO semprot atau kocor, dosis gimana, atau ada referensi lain ?

J : GLIO bisa disemprotkan dengan dosis 1 sendok makan GLIO dicampur 1 sendok gula pasir per tangki, semprot merata tiap minggu sekali.

T : Gimana cara mengatasi hama bentuknya sperti kupu tp kecil2, istilah orang jawa namanya tritip/keper, dia nyerang tan kobis ?

J : Pasang Perangkap keper atau tritip dengan METILAT LEM dan semprot PENTANA tiap minggu sekali.

T : Bagaimana untuk mengendalikan patek pada cabe ?

J : Patek atau busuk buah yang disebabkan jamur Antraknose kalau dah kena sulit diatasi karena penyebaran jamur cepat sekali apalagi didukung curah hujan drainase jelek. Ambil buah terserang dibuang dan musnahkan, kemudian semprot 1 sendok GLIO dan 1 sendok gula pasir tiap 5 hari sekali.

T : Mohon info, apakah produk NASA, GLIO,PESTONA,PENTANA,AERO,BVR, dll sudah terdaftar di DEPTAN dan apa sudah masuk buku pestisida pertanian dan kehutanan tahun 2008 ?

J : Belum, tapi untuk ijin yang BVR dan GLIO sudah keluar dari DEPTAN, sedang produk yang lain masih dalam proses perijinan.

T : Selamat pagi, kalau padi umur 70 hari, dan dari awal belum pakai produk NASA, tetapi umur 70 hari petani ingin pakai anti hama nasa untuk pencegahan seperti kresek, ulat, dll pakai apa yak pak Edwin?

J : Pakai PESTONA + AERO atau BVR untuk pencegahan walang sangit, kepik, dll.

T : Pada cabe yg 5 hr sebelumnya baru disemprot BASMA + DAFAT ulat grayak belum bersih, apakah boleh diaplikasi VITURA ?

J : Boleh aja, yang penting VITURA jangan dicampur dengan insektisida kimia dan aplikasinya sore hari.

T : Apakah GLIO mampu mengendalikan Antraknose sedangkan antraknose menyerang diatas ?

J : Pangkal mula serangan penyakit awalnya dari tanah karena patogen atau penyebab penyakit hidupnya di tanah. Karena percikan air hujan, angin, alat pertanian yang tidak steril dan terbawa manusia dia bisa ke batang, daun bahkan sampai buah. Tetapi jika sejak awal sebelum tanam, tanah kita kelola dengan NATURAL GLIO dan penyemprotan rutin tiap minggu sekali kemunginan besar serangan jamur 50% bisa dikurangi.

T : Cabe saya ada masalah batang layu di potong dalamnya bolong ada warna hitam apa penyakitnya dan solusinya ?

J : Serangan jamur dan bakteri mempunyai tanda yang sangat mirip. Ada yang busuk kering dan busuk basah, sukar dibedakan dengan mata telanjang. Potong aja sebagaian batang terserang dan masukkan ke dalam gelas berisi air bening. Amati gelas bila potongan tersebut kerluar cairan keruh seperti awan berarti bakteri, apabila tetap jernih berarti jamur. Solusinya pakai NATURAL GLIO sejak awal tanam dan ulangi tiap minggu sekali.

T : Virexi dicampur PST apa bisa tidak, apa virexinya ga mati ?

J : PST jangan dicampur dengan VIREXI karena PST ada bahan racun dari berbagai ekstrak tumbuhan, yang memang sedikit banyak akan berpengaruh terhadap pertumbuhan VIREXI, meskipun pengaruhnya tidak sehebat pestisida kimia.

T : Penyakit bule/daun putih pada cabe apa obatnya ?

J : Penyakit bule disebabkan oleh virus yang namanya gemini. Virus gemini ini perkembangan sangat cepat karena ditularkan oleh vektor atau perantara yaitu kutu kebul (Bemisia tabaci). Kita kendalikan vektornya dengan METILAT LEM dan PENTANA.

T : Bagaimana untuk mengatasi busuk buah dan phytium pada mentimun Jepang ?

J : Busuk buah dan phytium disebabkan oleh jamur, sehingga pencegahan dilakukan sejak dini sebelum tanam dengan NATURAL GLIO + pupuk kandang matang dan penyemprotan tiap minggu sekali dengan 1 sendok GLIO + 1 sendok gula pasir per tangki.

Baiklah sesi tanya jawab bagian kedua telah berakhir. Jika ada pertanyaan mengenai hama dan pengendaliannya. Silahkan kirimkan email ke tokopupukpanenraya@gmail.com dengan format judul TANYA DUNIA HAMA DAN PENGENDALIANNYA. InsyaAllah akan dijawab segera.

Untuk info ternak dan perikanan, silahkan klik DUNIA PETERNAKAN dan DUNIA PERIKANAN. Akhirul kalam admin mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak dan Ibu semoga sukses dalam berbudidaya secara organik aamiin YRA. Terima Kasih.


Edwin Bonardo, SE
CEO Toko Pupuk PANEN RAYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dimohon jangan berkomentar yang tidak senonoh. Gunakanlah etika akhlakul karimah dalam melakukan aktivitas spam. terima kasih

PANEN RAYA - DISTTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA