Welcome Home

Assalammualaikum Wr Wb Selamat Pagi Bapak / Ibu Semoga Selalu Sehat Wal Afiat, Mendapat Rejeki Dan Umur Yang Berkah Serta Kemudahan Dalam Segala Urusan Aamiin YRA, Selamat Datang Di Toko Pupuk PANEN RAYA Distributor Resmi PT NATURAL NUSANTARA Dalam Distribusi Pupuk Organik, Pestisida Organik Dan Vitamin Untuk Ternak, Ikan Dan Udang. Untuk Mendapatkan Diskon 15% Dan Ongkos Kirim Gratis Hubungi Sekarang Juga 0852 6219 1982 (TSel) 0815 7587 2989 (ISat) 0877 1062 5262 (XL) BB 5C951317 WA 0878 3868 0483, Ditunggu Kabar Baiknya Wassalam

Senin, Februari 08, 2016

SESI TANYA JAWAB DUNIA PERTANIAN BAGIAN 2



Melanjutkan Sesi tanya jawab di bagian 1. Silahkan klik untuk melihat Sesi Tanya Jawab Bagian 1.

Dibagian ini juga akan dipaparkan bagaimana dan penanganan seperti apa jika terjadi masalah dengan tanaman yang Bapak / Ibu kelola ?

Mari kita simak kembali Sesi Tanya Jawab Bagian Kedua,

T : Pupuk buah (POWER NUTRITION) 500 gr untuk berapa meter ? pak?

J : Untuk tanaman buah semusim bisa untuk 1000 m?, untuk tanaman buah tahunan bisa dilihat di label produk , karena tergantung ukuran diameter batangnya, namun kira? berkisar 30-50 gram atau (3-5 sdm) per batang.

T : Tumbuhan Kapulaga sebagai bahan balsem termasuk golongan hortikultura/perkebunan?

J : Tumbuhan ini termasuk tanaman sejenis jahe-jaheaan (rempah) meskipun yang di ambil adalah buahnya.

T : POWERNUTRITION, SUPERNASA, POC NASA, HORMONIK campur BVR tanpa AERO apa bisa dan berapa lama tahan BVR dalam campuran tersebut?

J : Bisa asalkan tanpa AERO dan untuk waktunya bisa beberapa hari (maksimal 5 hari)

T : Bagaimana cara menaburkan dolomit pada tanaman padi?

J : Bisa diberikan sewaktu pengolahan tanah (ini yang terbaik ) atau jika sudah terlanjur tanam berikan dengan cara penaburan seperti memupuk urea atau pupuk makro lainnya.

T : SUPERNASA , POC NASA + KCl dilarutkan dalam air untuk disiramkan disekitar pohon untuk tanaman kopi, lada, coklat dsb bisa tidak?

J : Bisa dan memang efisiensi pemupukan akan lebih tinggi dan berhasil jika dalam pemupukan juga memperhatikan kadar air tanah/ kelembaban tanah.KCl memang diperlukan untuk memperkuat buah dan kualitas buah sehingga akan menghasilkan produk yang lebih baik.

T : Kalo karet sudah berumur 10 tahun jika 1 sendok SUPERNASA untuk 1 pohon karet bisa tidak? Kalo untuk tanaman jeruk apakah pupuknya seperti untuk coklat?

J : Sebenarnya idealnya untuk tanaman karet antara 30-35 gram (3 sdm) SUPENASA per pokok per 4-6 bulan sekali. Jika 1 sdm per pokok bisa saja namun interval pemupukan ditambah agar kecukupan nutrisi per batang tercukupi. Untuk tanaman jeruk dan Kakao sama-sama tanaman yang diambil buahnya sehingga bisa kita pergunakan POWER NUTRITION 3 / 5 kg per hektar per 6 bulan , dan jika memungkinkan 1 bulan sekali disemprot dengan POC NASA dan HORMONIK dengan perbandingan 4 : 1 tutup / tangki.

T : Saya tanam sayuran tanpa pupuk kandang tetapi pakai NPK. Ada kepastian tumbuh subur tidak?

J : Jika tanah bapak masih cukup bagus tanaman akan dapat tumbuh bagus, namun jika kondisi tanah sudah rusak (dan ini mayoritas tanah pertanian sekarang) tentunya tanaman tidak akan tumbuh bagus / produksi tdk optimal karena kekurangan unsur mikro, hormon dan kandungan mikroorganisme tanah tersebut (biologi tanah) kemungkinan juga sudah tidak baik.Oleh karena itu perlu penambahan bahan organik, hormon dan pupuk mikro dari NASA

T : Dosis untuk pemupukan karet dan sawit yang sudah produksi apa saja produk dari NASA yang digunakan, untuk 1 ha butuh berapa botol, untuk makronya berapa kg.

J : Untuk karet produksi bisa menggunakan SUPERNASA 3,5-5 kg/hektar per 4-6 bulan dan untuk sawit produksi 3,5 ? 5 kg POWERNUTRITION per 4-6 bulan sekali. Untuk makro bisa mengikuti dosis rekomendasi dinas pertanian setempat atau jika mengurangi makronya bisa 50% dari dosis rekomendasi tersebut.

T : Bisa tidak pupuk Nasa untuk pembudidayaan jamur, dan kira2 produk apa saja yang digunakan agar hasil maksimal.

J : Produk NASA bisa untuk Jamur (POC NASA ) 1 tutup : 3-5 liter air dan suntikkan ke dalam media (baglog jamur), dan usahakan merata pada seluruh bagian media.

T : Kamboja (Jepang) pupuknya gimana?

J : Pupuk dengan pengocoran SUPERNASA + sedikit NPK yang kadar P lebih tinggi 2 bulan sekali. Semprot POC NASA + HORMONIK (3:1-2 ttp) 1 bulan sekali. Perhatikan media jg harus poros (mudah atus).

T : Apa sebabnya tanaman saya setelah saya pupuk pakai NASA kok malah buahnya pada hitam dan masih muda pada rontok? Dosis yang saya pakai POC NASA 3 tutup HORMONIK 2 tutup SUPERNASA 3 sdm, dan NPK 1 gelas VIT per tangki. Mohon Penjelasan.

J : Jawab  I :
NPK 1 gelas VIT/ tangki penyebab daun dan buah terbakar, hitam dan rontok. POC NASA dan SUPERNASA dan HORMONIK, masih dalam batas layak meski SUPERNASA tidak untuk disemprotkan.
Pertanyaan II
Tetapi  Campuran itu tidak saya semprotkan ke daun tetapi saya kocorkan ke tanah .  
Jawab II:
Betul Pak , itu yang namanya plasmolisis yaitu karena perbedaan konsentrasi cairan sel dengan pupuk sehingga cairan sel tanaman terserap, dan kering. Terjadi jika dosis pupuk terlalu tinggi dan kondisi tanah kurang air.

T : Berapa liter dosis campuran air maksimal untuk 1 botol SUPERNASA dan POWERNUTRITION ?

J : Air adalah pelarut, yang penting dosis per pokok tidak kurang.Semakin banyak air sebagai pelarut justru akan mempercepat penyerapan unsur unsur yang dibutuhkan tanaman. Untuk dosis tanaman keras (baik SUPERNASA ataupun POWER NUTRITION ) adalah 3.5 ? 5 kg per hektar per 4-6 bulan sekali.

T : Saya mencoba memakai produk POC NASA + HORMONIK untuk 100 m2 padi dengan keadaan padi sudah merah atau jelek mungkin karena air dalam sawah yang tinggi.. setelah 1 minggu padi tadi udah ada bijinya yang bagian tepi soalnya qak terlalu tergenang air tapi yang tengah masih belum muncul bijinya tapi lumayan daun udah hijau lagian airnya juga tinggal sedikit. Mungkinkah padi tersebut udah terlalu tua sehingga saya terlambat mengaplikasikan produk NASA, terus seumpama dalam jangka waktu 10 hari hari saya kasih lagi bagaimana?

J : Memang, dari informasi yang masuk sawah bapak tergenang terlalu lama sehingga tanaman padi merah dan terhambat pertumbuhannya. Cara yang paling mudah adalah dengan mengeringkan lahan dan mengapur dengan dolomit dan menaburkan supernasa, serta menyemprotkan POC NASA 3-4 tutup/tangki dan HORMONIK 1 tutup. Karena umur padinya sudah cukup tua ( masuk fase Generatif) memang pemupukan tidak seefektif selagi tanaman masih muda, namun menurut hasil penelitian tetap saja pemupukan lewat daun bisa membantu penyerapan unsur2 yang dibutuhkan tanaman hingga mendekati masa panen.

T : Cabe saya lagi berbunga dan berbuah, bolehkah disemprot POC NASA dan HORMONIK? Bunga dan pentil banyak yang rontok kenapa? Dan bagaimana mengatasinya?

J : Boleh , namun sebaiknya tidak mengenai bagian bunga, (atau jika ingin lebih aman bisa dikocorkan saja) Kerontokan pada pentil, dan bunga bisa disebabkan karena kurang KCl atau Hormon, atau penyebab fisik yang lain misalnya adanya trips yang menghisap cairan pada tangkai bunga atau buah, atau juga bisa karena angin yang terlalu keras.

Untuk selanjutnya silahkan simak Sesi Tanya Jawab Di Bagian Ke 3

Terima Kasih

Toko Pupuk PANEN RAYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dimohon jangan berkomentar yang tidak senonoh. Gunakanlah etika akhlakul karimah dalam melakukan aktivitas spam. terima kasih

PANEN RAYA - DISTTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA