Welcome Home

Assalammualaikum Wr Wb Selamat Pagi Bapak / Ibu Semoga Selalu Sehat Wal Afiat, Mendapat Rejeki Dan Umur Yang Berkah Serta Kemudahan Dalam Segala Urusan Aamiin YRA, Selamat Datang Di Toko Pupuk PANEN RAYA Distributor Resmi PT NATURAL NUSANTARA Dalam Distribusi Pupuk Organik, Pestisida Organik Dan Vitamin Untuk Ternak, Ikan Dan Udang. Untuk Mendapatkan Diskon 15% Dan Ongkos Kirim Gratis Hubungi Sekarang Juga 0852 6219 1982 (TSel) 0815 7587 2989 (ISat) 0877 1062 5262 (XL) BB 5C951317 WA 0878 3868 0483, Ditunggu Kabar Baiknya Wassalam

Senin, Februari 08, 2016

SESI TANYA JAWAB DUNIA PERTANIAN BAGIAN 3



Sesi tanya jawab bagian 2 bisa Bapak / Ibu klik.

Untuk sesi ke 3 adalah sesi tanya jawab dunia pertanian dari kelanjutan sesi tanya jawab sebelumnya. Semoga ada jawaban dari permasalahan di dunia pertanian yang sedang Bapak / Ibu hadapi di sesi tanya jawab berikut ini. Mari kita simak.

T : Antara TSP, SP 36 dan SUPERFOSFAT mana yang lebih bagus untuk padi , dan berapa usia batas akhir penyemprotan NASA?

J : Semua mengandung unsur P yang penggunaan terbaik adalah sebelum ada tanamannya (saat olah tanah/saat buat lubang tanam untuk tanaman tahunan) dan untuk akhir penyemprotan produk NASA pada tanaman padi bisa dilakukan 1-2 kali lagi ketika padi mulai bunting.

T : Produk NASA untuk Tembakau bagaimana apakah akan menyebabkan daun keras saat akan panen?

J : Produk NASA akan memberikan segala kebutuhan tanaman di bidang Nutrisi, termasuk Makro, Mikro, dan Hormon. Menurut pengalaman penggunaan produk NASA cukup baik untuk produktivitas dan kualitas tembakau di NTB, dan tempat2 lain di Indonesia ( Madura, Klaten dll)

T : Apakah PESTONA bisa dicampur dengan PENTANA dalam tanaman bawang merah? Karena dalam tanaman bawang merah milik saya kena ulat dan masih ada yang teler. Kira2 dosisnya berapa ya?

J : Jika ulat tersebut ulat Grayak yang menyerang bawang.. gunakan VIREKSI agar daya bunuh nya lebih luas karena sifat dan cara kerja virus dalam VIREKSI yasng mampu menularkan ke ulat sehat yang lain. PESTONA dan PENTANA bisa saja untuk mengatasi ulat dan bisa dicampur. Dosis Vireksi 1-3 sdm/tangki, dan jika pakai PENTANA 4-5 tutup, dan PESTONA 7-8 tutup/ tangki

T : Mohon info produk NASA yang digunakan untuk kelapa sawit usia tanam 97, juga cara aplikasinya.

J : POWERNUTRITION 5 kg/ ha , 4-6 bulan sekali bisa ditaburkan bersama NPK (pupuk Makro) atau dikocorkan di piringan.

T : Bagaimana pemupukan yang efisien dan efektif pada tanaman kopi yang masih produktif, agar untung bertambah?

J : Gunakan POWERNUTRITION 3,5 / 5 kg per hektar per 4-6 bulan sekali, lakukan pemangkasan bentuk, dan penyemprotan POC NASA dan HORMONIK 2-3 bulan sekali. Menjaga kebutuhan air tanaman pada saat kering agar bisa tercukupi.

T : Boleh tidak pak saya menggunakan dosis POC NASA 8 tutup dan HORMONIK 3 tutup per tangki , usia padi 45 hari setelah tanam, dan bagaimana resikonya?

J : POC NASA cukup 3-5 tutup dan HORMONIK 1-2 tutup. Jika kebanyakan juga kurang baik karena ada batas-batas tertentu yang optimal.

T : Apakah betul produk TON dan SUPERNASA bisa saling menggantikan,?

J : Bisa karena kandungannya hampir sama dan fungsinya di lahan sama-sama sebagai pembenah tanah.

T : Utk prod pupuk tabur green star 1 ha pakai berapa? Dan apa sdh tdk pakai urea sdh mampu?

J : Untuk 1 ha padi perlu 30 pack green star, dengan perhitungan rata-rata per 1000 meter membutuhkan 3 sachet per sekali semprot. Untuk Urea/NPK tetap dibutuhkan karena merupakan unsure Makro yang juga sama pentingnya dengan Mikro (NASA)

T : Di usia berapa saya harus menyemprotkan HORMONIK agar menghasilkan bulir padi banyak?

J : Aplikasi yang baik adalah semenjak tanaman mulai segar (umur 1-2 minggu setelah tanam) dengan perbandingan 1-2 tutup HORMONIK dan 3-4 tutup POC NASA per tangki semprot 14 liter, dilanjutkan umur 30,45 hari

T : Produk NASA apa saja yang efektif untuk memacu buah naga dan aplikasinya.

J : Bapak bisa menggunakan POWERNUTRITION rutin per 3-4 bulan sekali, dengan dosis 1 sdm per 5-10 liter air dan dikocorkan merata per tiang ( 4 tanaman) bersama NPK yang biasa bapak gunakan yang kandungan P lebih tinggi, dan untuk memacu pertumbuhan tunas dan bunga bisa menyemprotkan POC NASA 3-5 ttp dan HORMONIK 1-2 tutup per tangki 14 liter 1-2 bulan sekali.

T : Untuk budidaya jamur merang apa bisa digunakan produk pupuk POC NASA dan hormonik? Dan mohon penjelasan dan cara pemakaiannya .

J : Pada prinsipnya produk NASA bisa digunakan untuk segala macam jenis tanaman, untuk jamur merang bisa menggunakan POC NASA yang disemprotkan ke media, atau disuntikkan ke baglog yang sudah berisi bibit.Dengan rekomendasdi 3-5 tutup poc per 5-10 liter air, dan disuntikkan/disemprotkan secukupnya , usahakan media tumbuh didalam baglog bisa merata terkena larutan tadi.

T : Berapa jarak optimal tanaman kakao? Dan Biomikro prod CNI lbh bagus mana dengan prod NASA?

J : Jarak kakao bisa 2,5x2,5m,3,5x3,5, dan 4x4 m. Semakin subur tanah jarak tanam semakin lebar. Pupuk asal dari bakteri kelemahannya: tidak scr langsung memberikan nutrisi karena hanya hasil kerja mikrobianya yang dimanfaatkan tnm,jika disimpan lama akan mati, tidak selalu cocok dengan tanah aplikasi , akan mati jika terkena bahan kimia.
Produk NASA adalah berbahan baku organic dari sisa makhluk hidup, nutrisinya bisa diserap langsung tanaman, menyuburkan tanah dan mengandung Hormon, cocok untuk segala mcm tanah, bisa disimpan lama.

T : Sy baca di cara budidaya cabe kenapa kok msh dignkan ppk makro? Kalo seumpama menggunakan ppk mikro saja (prod nasa) apkh kurang maksimal hslnya?

J : Hasil optimal jika nutrisi makro dan mikro.
Berarti tjd pembengkakan biaya pup nantinya dan kita masih bergantung dg pup anorganik yang merusak tanah?
Sebetulnya tdk 100% kesalahan ppk kimia, hanya karena kita tidak seimbang dalam menggunakan pupuk organic ( terlalu sdkt) padahal banyak mengandung as, humat vulvat yang menguraikan sisa residu pup kimia.

T : Bgm dan kapan cara penggunaan POC NASA dan HORMONIK pada tanaman padi?

J : Pagi hari dibawah jam 10. Perbandingan3-5 ttp dan hor 1 ttp/tangki 14 liter. Umur padi 15,30,45 hr. Semprot diseluruh permukaan daun.

T : Kalau kondisi ppk makro KCl di lapangan tdk tersedia, krn ktnya unsur K berperan dalam pembentukan buah, dr NASA punya solusi apa ya? Krn KCl di kalangan petani di merauke sdh lama tdk ada.

J : Jika tdk ada KCl cari MOP, atau KNO3, Jika pupuk tunggal tdk ada cari NPK dg kadar K yang tinggi.

T : Ada petani organik mainded pingin aplikasi pupuk tanpa kimia, kira2 nasa,pwr,poc,HORMONIK tanpa NPK biosa tdk? Utk 1000 m2kira2 butuh berapa botol?

J : Per 1000 m2 perlu minimal 500gr sprn, 500 ml poc, 100 mlhor, dan bisa + 500 gr pwr. Makro tetap digunakan untuk hasil yang lebih optimal.
Jika tanpa Makro, kebutuhan bisa sangat banyak dan mungkin akan sgt mahal. Kira2 antara 100 btl SUPERNASA, 100btl poc,dan HORMONIK, dan atau bisa ditambah100 btl POWERNUTRITION per ha, untuk menggantikan pupuk kimia

T : Sy mau Tanya mengenai pupuk yang digunakan dan cara aplikasinya di tanaman durian dan pete.

J : Pakai POWERNUTRITION30-50 gr/pkk (3-4x1 thn) + npk 200 gr per pkk (umur 5 thn keatas), setahun 2-3 kali. Waktu bunga jangan sampai kekeringan dan berikan KCl agar buah dan bunga tdk rontok.

T : Ada tidak produk penumbuh jamur kuping ?

J : Gunakan POC NASA 1 ttp per 5 liter dan disuntikkan dalam baglog (kantong plastik berisi media dan bibit jamur) atau disemprotkan di media jamur.

T : Saya seringkali dapat kiriman tanaman obat dari jawa, tetapi selalu mati, bagaimana tehnik perawatannya apabila tanaman baru datang dari perjalanan jauh?

J : Untuk memperkuat daya tahan dan kecepatan daya tumbuh tanaman, rendam dengan larutan HORMONIK 1-5 jam sebelum tanam, dan kocor media tanam dengan SUPERNASA 1 sdm/ 5 liter air. 1 ttp hor / 5 liter, dan 1 sdm SUPERNASA per 5 liter air, kocorkan secukupnya/ cukup basah.

T : Padi yang pada awalnya hijau jadi merah setelah diairi/hujan. Kenapa dan bagaimana soluisinya?

J : Padi bapak menunjukkan gejala terkena serangan jamur. Dan perkembangan jamur memang biasanya pada saat kondisi kelembaban udara yang tinggi, dan penyebaran bisa melalui air , maupun angin. Untuk antisipasinya gunakan GLIO dan penyemprotan rutin menggunakan PESTONA

T : Mengapa dalam buku panduan produk pada pemupukan semangka kok tidak menggunakan Urea ( nitrogen) sama sekali? Bukankah N sangat berguna buat daun?

J : Selain Urea pupuk sumber Nitrogen juga bisa dari Za, dan khusus ZA memang cocok untuk tanaman buah-buahan seperti semangka dan melon untuk mendapatkan cita rasa yang lebih manis.

T : Mohon untuk aplikasi Kentang .

J : SUPERNASA 2 botol per 1000 meter sebagai pupuk dasar dan POC NASA dan HORMONIK masing-masing 1 botol untuk perawatan, sejak umur 15,30, dan 45 hari.

T : Untuk lahan 1 ha jagung idealnya habis berapa botol POC NASA dan HORMONIK?

J : POC NASA 10 botol, dan HORMONIK 10 botol, untuk pembenah tanah SUPERNASA 20 botol per hektar.

T : Untuk bunga kira2 pupuk apa yang cocok berapa dosis?

J : Untuk tanaman hias bunga gunakan POC NASA : HORMONIK (4:2 ttp/tangki)
Untuk tnm hias daun Gunakan SUPERNASA 1 sdm dilarutkan air 5 liter dan diberikan per pokok 2 gelas, dan semprot POC NASA dan HORMONIK (4:1 ttp/tangki) 1-2 minggu sekali.

T : Tanaman kakao : 1). Subur daunnya tidak berbuah, 2) Buah yang ada terkena bintik hitam dan buah mengeras. Gmn solusinya?

J : Kakao bisa karena terlalu rindang atau terlalu banyak naungan atau karena jarak tanam yang terlalu rapat, sehingga perlu dikurangi dan dilakukan pemangkasan bentuk.
Kakao terserang hama penggerek buah kakao : Perlu dilakukan teknis pengendalian dengan PsPSP = Panen sering, Pemangkasan, Sanitasi, Pemupukan ( dengan pupuk yang cukup, lengkap = Makro/NPK dan Mikro dengan SUPERNASA / POWERNUTRITION.

T : POC NASA dan HORMONIK dicampur dengan ARIFO ada efeknya gak?

J : Bisa saja , efeknya beda karena ARIFO pestisida, sedang SUPERNASA dan HORMONIK tergolong dalam nutrisi, sehingga tidak saling mempengaruhi mempengaruhi .

T : Saya mempunyai stok SUPERNASA tetapi terus menerus dikerubuti semut. Apa penyebabnya dan bagaimana mencegahnya?

J : Karena secara produk hal tersebut tidak memungkinkan untuk terjadi. Kemungkinan plastik/ tempat penyimpanan pupuk tersebut terkontaminasi bekas gula atau sesuatu yang manis. Cara mengatasinya dengan kapur anti semut saja.

T : Perendaman benih padi dengan POC NASA waktunya berapa lama?

J : 1-2 cc/liter air dan direndam 12 jam.

T : Apakah sekarang NASA mengeluarkan pupuk organik serbuk yang dalam aplikasinya tidak lagi menggunakan urea?

J : Produk pupuk terbaru dari NASA adalah GREEN STAR yang organik , dengan kandungan unsur 2 mikro, hormon dan sedikit makro dan berbentuk serbuk, namun di lapangan kami menyarankan tetap menggunakan pupuk makro.

T : Apakah POC NASA + HORMONIK dapat diaplikasikan pada padi yang sudah lewat masa pemupukan? Apakah masih akan diserap tanaman dan memberikan hasil?

J : POC NASA dan hormonik maupun jenis pupuk lain akan bisa diserap optimal selagi tanaman tumbuh vegetatif. Saat fase generatif, efek / efisiensi pemupukan sudah sangat rendah, meskipun masih bisa .

T : Apakah dalam aplikasinya POWER NUTRITION bisa dicampur dengan pupuk makro/pupuk kimia?

J : POWER NUTRITION / produk pupuk dari NASA mengandung unsur mikro, sedangkan untuk kebutuhan tanaman juga membutuhkan pupuk makro, sehingga dalam aplikasi produk NASA sangat disarankan Bapak masih tetap menggunakan pupuk makro/kimia.

T : Produk NASA yang berguna untuk membusukkan jerami itu apa namanya?

J : Pembusukan jerami bisa dipercepat dengan penggunaan SUPERNASA yang dikocorkan dan ditaburkan dolomit di atas tumpukan jerami yang akan dibusukkan. Dan menutup tumpukan tersebut dengan plastik / seresah/daun 2 kelapa

T : Untuk pemupukan pohon kelapa kira2 pupuk yang digunakan apa saja ? dan berapa kira2 dosis untuk 1 pohon?

J : Untuk kelapa yang produksi POWER NUTRITION per pokok 25-30 gram, 2-3 kali pertahun. Dalam setiap aplikasi bisa dicampurkan dengan makro . Dosis Makro berkisar : Urea 0,75-1,5 kg., TSP 0,25-1 kg, KCl 1,25-2 kg, per batang pertahun.

T : Apa keistimewaan produksi sawit yang telah menggunakan produk NASA POWER NUTRITION?

J : Berbuah lebih kontinyu/ tidak terlalu mengalami trek buah seperti halnya tanaman sawit umumnya, ekstraksi lebih tinggi,berat janjang lebih berat, umur produksi lebih panjang, tanaman lebih cepat dewasa.

T : Berapa persen kenaikan Kelapa Sawit yang menggunakan Produk NASA?

J : Perlu ditekankan bahwa yang berpengaruh terhadap peningkatan produksi bukan hanya produk NASA saja, namun banyak faktor lain termasuk pupuk Makro, air, genetis tanaman, hama penyakit, iklim,sejarah lahan, dll. Pengalaman berkisar antara 25% bahkan ada yang 150%.

T : Bagaimana aplikasi produk NASA jika disemprotkan pada bibit sawit dan sawit dibawah 2 tahun?

J : Untuk penyemprotan di pembibitan gunakan POC NASA 4-5 tutup dan HORMONIK 1 tutup per tangki merata . dan untuk tanaman TBM disemprotkan per tangki untuk 10-15 tanaman

T : Berapa pengurangan pupuk makro yang ?aman ?jika sudah menggunakan POWER NUTRITION 3,5 / 5 kg per hektar per 6 bulan?

J : Pengurangan sebaiknya maksimal 50% dari dosis rekomendasi setempat.

Untuk Sesi Tanya Jawab Bagian 3 sampai disini. Jika ada pertanyaan silahkan kirim pertanyaan ke email tokopupukpanenraya@gmail.com dengan format judul Tanya Pupuk. Kami akan menjawab dan mendokumentasikan segera mungkin.

Terima Kasih

Toko Pupuk PANEN RAYA

0852 6219 1982 (TSel)
0815 7587 2989 (ISat)
0877 1062 5262 (XL)
WA 0878 3868 0483
BB 5C951317

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dimohon jangan berkomentar yang tidak senonoh. Gunakanlah etika akhlakul karimah dalam melakukan aktivitas spam. terima kasih

PANEN RAYA - DISTTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA